Rabu, 03 Februari 2010

Mari Tidur Siang

Apakah anda suka tidur siang? Menjelang tengah hari memang saatnya istirahat. Saat mata mulai mengantuk, tidur siang adalah pilihan tepat. Kebiasaan yang dianggap hanya membuang waktu ternyata banyak manfaatnya, lho. Bagi anda yang bekerja di kantor, informasi yang satu ini tentu sangat diperlukan.

“Tidur siang di kantor sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena dapat mengurangi stress dan detak jantung yang berlebihan, sehingga membuat kerja terhambat”.

Demikian hasil sebuah penelitian mengenai manfaat tidur siang yang dilakukan oleh Dr Dimitros Trichopoulos dari Harvard School of Public Health, Boston Amerika Serikat (http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2007/02/15/brk,20070215-93317,id.html). Menurutnya, tidur siang memiliki pengaruh yang penting dalam meningkatkan produktivitas dan mengurangi tingkat kematian. Tidak heran jika sang peneliti berkomentar, "Saya menyarankan jika memungkinkan lakukanlah tidur siang. Jika Anda mempunyai sofa di kantor, manfaatkanlah."

Karena dianggap dapat meningkatkan produktivitas, kini beberapa perusahaan mengizinkan pekerja dan karyawan untuk tidur siang. Bahkan ada yang membuat ruangan khusus untuk tidur siang sebagai bagian dari program kesehatan karyawan. Banyak karyawan yang silih berganti masuk ke dalam ruangan itu untuk tidur selama setengah jam. Ini dilakukan karena adanya anjuran dokter bahwa tidur siang dapat mengurangi stress dan membantu mempertahankan energi seharian penuh.

Berikut beberapa informasi terkait manfaat lain tidur siang:
1. tidur siang bisa mengurangi stress (http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/03/01/21575641/kurangi.stres.saat.di.kantor)
2. tidur siang bisa mendongkrak Ingatan (http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1769474-tidur-siang-bisa-dongkrak-ingatan)

Apa kata Rasulullah saw. tentang tidur siang? Beliau bersabda, "Tidur sianglah, karena setan tidak tidur siang." (H.R. Thabrani).

Masih menurut Rasulullah saw. tidur siang juga bermanfaat agar dapat melakukan sholat Tahajud, berdzikir, atau untuk belajar di malam hari.

Sungguh luar biasa, petunjuk Nabi Muhammad saw. baru terkuak oleh para peneliti 1400 tahun kemudian.

Subhanallah, ya? Mari kita tidur siang. Tapi jangan kebablasan, ya! :)

Sumber: Ensiklopedia Mukjizat Al Quran dan Hadis, Buku 4: Kemukjizatan Psikoterapi Islam.
http://www.facebook.com/album.php?aid=25998&id=1508343856&saved#/album.php?aid=25998&id=1508343856&ref=nf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar